Warga Lingkungan Sarata-Paruga Sebulan Tak Dapat Jatah Air Bersih

Ilustraso warga yang macet pengiriman distribusi air bersih dari pemerintah. GOOGLE/Image
KOTA BIMA - Kekurangan air bersih dialami warga pasca banjir bandang yang terjadi di akhir tahun 2016 silam. Saat ini, seorang warga di Lingkungan Sarata tepatnya di RT 17, Kelurahan Paruga, Kecamatan Rasanae Barat, Kota Bima, Yuda Tudiansyah mengungkapkan, puluhan Kepala Keluarga di lingkungan tempat tinggalnya sudah satu bulan tidak diberikan jatah air bersih. Biasanya, kata dia, air bersih dibawa oleh mobil tangki milik kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bima. 

Tidak hanya warga di pemukiman saja. Seorang pewarta itu pun mengaku bahwa ketiadaan air bersih ini pun menjadi kendala bagi warga yang ingin beribadah di Mushola lingkungannya. Sebab, tak ada air yang biasanya dibawa oleh mobil tangki di Mushola.

"Kami di lingkungan sarata sudah sebulan tak ada distribusi air bersih yang biasa dibawa oleh mobil tangki BPBD Kota Bima. Ada puluhan warga di sini yang mengalami kekurangan air bersis. Bahkan Mushola di lingkungan kami, karena tak ada air, tidak bisa digunakan untuk tempat beribadah," ujar Yuda, Selasa, 24 Juli 2018.

Diakuinya, sebelumnya untuk pengalokasian air di Lingkungan Sarata sudah jelas di SK-kan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) kepada BPBD Kota Bima yang ditugaskan mendistribusikan air ke warga. Tapi, pendistribusian air oleh BPBD Kota Bima tidak merata dan sampai ke lingkungan tempat tinggalnya. 

"Pihak BPBD Kota Bima sebenarnya sudah diperintahkan bahkan ada SK oleh Sekda untuk mendistibusi air bersih ke warga termasuk kami di RT 17, Lingkungan Sarata. Namun, pembagian air tidak merata dan sudah sebulan distribusi air macet ke lingkungan kami," tegas dia. 

Sementara itu, pihak BPBD Kota Bima yang dikonfirmasi lewat salah serorang stafnya mengaku, distribusi air sampai sekarang dari pihak BPBD Kota Bima tetap berjalan. Bahkan, menurut  dia, seriap hari Sabtu dan Minggu juga tetap dilakukan pendistribusian dan pembagian air bersih untuk semua warga yang telah ditetapkan sebelumnya. 

"Untuk masyarakat yang tidak mendapat distibusi air, sebaiknya langsung dikomunikasikan ke kanor BPBD Kota Bima untuk lebih jelasnya," kata dia.

"Dan tiba di kantor BPBD Kota Bima bisa menghubungi Pak Masrin Kabid Kedaruratan. Mungkin ada mis dengan teman-teman di lapangan. Dan alangkah baiknya kita koreksi bersama dan bahas di kantor hari ini," terang pegawai yang tinggal di Kelurahan Penatoi itu, pagi ini. (RED)



Post a Comment Komentar Umum

Iklan Ideal Karaoke

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

item