Bupati, Wabup dan Sekda Bima, Ramai-ramai Bawa Bantuan Korban Gempa ke KLU

Di halaman kantor Bupati Kabupaten Lombok Utara (KLU), Bupati Bima Hj. Dinda Dhamayanti Putri bersama Wakil Bupati Bima Drs. Dahlan M. Noer dan didampingi Sekda Kab. Bima Drs H. M. Taufik HAK, M.Si serta Plt. Kepala BPBD memberikan bantuan uang tunai Rp100 juta dan diterima langsung oleh Bupati KLU, Selasa, 7 Agustus 2018. HUMASPRO KAB. BIMA/Dok
KLU - Kepedulian Pemerintah Kabupaten Bima atas bencana gempa bumi yang melanda Pulau Lombok patut diapresiasi. Selasa, 7 Agustus 2018 malam, di halaman kantor Bupati Kabupaten Lombok Utara (KLU), Bupati Bima Hj. Dinda Dhamayanti Putri bersama Wakil Bupati Bima Drs. Dahlan M. Noer dan didampingi Sekda Kab. Bima Drs H. M. Taufik HAK, M.Si serta Plt. Kepala BPBD Kabupaten Bima memberikan bantuan uang tunai senilai Rp 100 juta yabg diterima langsung oleh Bupati KLU.

Diketahui, dari tradedi gempa bumi ini, KLU merupakan daerah yang mengalami dampak yang cukup parah dari petaka ini. Menurut Kasubag Informasi dan Pemberitaan Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima Zainuddin, SS menjelaskan, kehadiran Bupati dan Wakil Bupati yang didampingi oleh Sekda  dan Plt. Kepala BPBD Kabupaten Bima sebagai bentuk kepedulian dan rasa turut prihatin yang mendalam atas musibah bencana gempa bumi yang melanda Pulau Lombok, sejak hari Minggu, 5 Agustus 2018 lalu.


Kata Zainuddin, bantuan yang diberikan untuk korban gempa bumi tak hanya pemberian uang tunai saja. Pasalnya, Bupati juga meyerahkan berbagai kebutuhan logistik termasuk nasi sebanyak 1000 bungkus untuk korban yang ada di beberapa titik pengungsian yang ada di KLU. 

Sebelumnya, kata Kasubag muda itu, Pemerintah Kabupaten Bima melalui RSUD Bima telahb mengirim tenaga kesehatan dalam hal membantu tim medis lainnya dalam merawat para korban bencana yang terbesar yang pernah terjadi di Pulau Lombok beberapa tahun terakhir ini.

"Sebagaimana diinformasikan sebelumnya, selain bantuan logistik, Pemerintah Kabupaten Bima juga telah mendroping Tim Medis yang terdiri dari Dokter, Apoteker serta obat-obatan dan Bahan Medis Abis Pakai," terangnya

Bupati Kabupaten Lombok Utara (KLU), Bupati Bima Hj. Dinda Dhamayanti Putri bersama Wakil Bupati Bima Drs. Dahlan M. Noer . METROMINI/Dok
Sementara itu, di lingkup setda Kabupaten Bima, seluruh birokrasi atau Organisais Perangkat Daerah (OPD) dan beberapa elemen masyarakat di Kabupaten Bima telah menunjukkan rasa sinpati dan kepedulian yang tinggi. Hal ini terbukti, antusiasnya para Kepala OPD beserta staf yang dikordinatori oleh Sekretaris DPRD Kabupaten Bima, Drs. Ishaka masih aktif menggalang bantuan untuk masyarakat korban gempa di Pulau Lombok, khususnya di KLU.

"Alhasil, bantuan bentuk kepedulian aparatur pemerintah dan juga masyarakat di Kabupaten Bima sudah diantar langsung menggunakan 3 unit truck. Adapun jenis bantuannya adalah barang kebutuhan sehari-sehari untuk para korban," jelasnya.


Tak ada yang menyangka, Rabu, 8 Agustus 2018 sekitar pukul 05:30 WITA, bencana kebakaran yang melahap tiga rumah di Desa Talabiu, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima  terjadi. Dua rumah panggung habis terbakar dan sebuah rumah permanen sebagiannya saja yang mengalami kerusakan.

 Bupati Bima, pulang dari KLU langsung menemui koban yang kebakaran rumahnya di SDesa Talabiu, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, Rabu, 8 Agustus 2018. METROMINI/Dok
Mendengar kabar tersebut, Bupati Bima yang kembali ke Bima bersama dengan rombongannya dalam agenda kunjungan kerja di KLU, setelah mendarat di Bima, langsung menemui para korban yang rumahnya terbakar di Dusun Mangge, Desa Talabiu. 

Saat tinjauan tersebut, Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri menyampaikan keprihatinan mendalam terhadap warga masyarakat yang mengalami korban kebakaran yang memporak-porandakan seluruh isi dalam rumah.

"Setelah mendengar laporan dari warga, saya selaku kepala daerah langsung turun ke lokasi kebakaran," ungkap Bupati dikurip Kabag Humas dan Protokol setda Kabupaten Bima Hj. Sitha Arna, S. Sos, semalam dalam siaran persnya. 

Kata Sitha, usai melihat dari dekat keadaan rumah warga yang habis dilahap si Jago Merah, Bupati langsung memerintahkan untuk mengerahkan Tim BPBD Kabupaten Bima agar sesegera mungkin mendata dan melaporkan berapa kerugaian dari kejadian ini. 

"Perlunya dilakukan pendataan, agar pemerintah daerah bisa memiliki dasar dalam membuat kebijkan membantu para korban yang rumahnya terbakar hari ini," cetus pejabat perempuan itu, kemarin

Ia menambahkan, sebagai bentuk dari keperdulian terhadap masyarakat yang mengalami musibah ini. Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri menyerahkan bantuan dari kocek pribadinya sebesar Rp5 juta dan ada juga bantuan tanggap darurat dari BPBD Kabupaten Bima. 

Setelah tiba di rumahnya sesaat, tampak Bupati Bima hadir di acara syukuran pasangan Wali dan Wakil Wali Kota Bima terpilih, di Kelurahan Jatiwangi, Kecamatan Asakota, Kota Bima. .(RED | ADV)

Post a Comment Komentar Umum

Iklan Ideal Karaoke

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

item