"Gas Full" Komunitas Kalikuma Peduli Korban Gempa Lombok


Bantuan dari Kalikuma Central Volunteer untuk korban gempa bumi lombok. FACEBOOK/Fahru Rizki
KOTA MATARAM - Pegiat Komunitas Kalikuma, Fahru Rizki mengatakan, saat ini sudah berkumpul banyak relawan-relawan hebat yang tergabung di Kalikuma Center. Para relawan berbagi informasi tentang lokasi terdampak gempa tabf belum mendapat bantuan baik dari dermawan dan pemerintah.

Fahru mengatakan, pihaknya sudah membangun Kalikuma Central Volunteer. Pendirian lembaga ini dalam rangka memaksimalkan bantuan atas kondisi warga korban gempa bumi di Pulau Lombok yang belum ditangani.

"Kalikuma juga mengkoordinir dan bersinergi dengan berbagai lembaga dan relawan dari berbagai belahan Indonesia. Motto mereka pun begitu menggairahkan, "Tidak ada istilah istirahat yang ada aksi..aksi dan aksi," tulis dia di laman sosial media Facebook miliknya, kemarin

Seruan kemanusiaan dari Komunitas Kalikuma untuk giat bantuan kemanusiaan korban gempa bumi lombok. FACEBOOK/Fahru Rizki
Ia menceritakan, masih banyak kondisi tenda pengungsian yang kurang layak untuk dihuni. Pasalnya, kondisi tenda masih kurang nyaman untuk melindungi pengungsi dari angin malam khususnya bagi para balita atau batita.

"Salah satunya tenda yang dihuni Nisa dan ibunya, bersama keluarga lainnya yang menempati tenda pengungsian di Karang Nangka, Desa Sokong, Tanjung, Lombok Utara dalam kondisi mengenaskan," ungkap dia.
Kata Fahru, Nisa adalah anak yatim yang ditinggal mati oleh bapaknya di Kalimantan, Demikian Ibu Nisa berkisah dan pihaknya pun sudah mengganti kondisi kemah untuk Nisa dan Ibunya dengan yang layak huni

"Alhamdulillah...tadi bersama tim #gerakbareng kami pasang tenda sederhana kapasitas 6 orang khusus Nisa dan bayi lainnya beserta ibu mereka, Semoga tenda yang dibangun dapat menghalangi Nisa dan warga lainnya dari dinginnya angin malam di pengungsian. Semoga Nisa dan bayi lainnya sehat selalu.. Aamiin," ucap Fahru, Sabtu (25/8/2018).

Fahru Rizki (tengah) dengan dua relawan lainnya yang tergabung dalam  Kalikuma Central VolunteerFACEBOOK/Fahru Rizki
Dedengkot Kalikuma lainnya, Ardy S mengaku,l ada 41 lembaga dan komunitas yang dikoordinir dalam bersinergi untuk membantu korban bencana gempa bumi di Pulau Sasak. Ia menyebutkan aliansi gabungan lembaga sosial dan komunitas peduli korban gempa bumi di lombok antara lain:
  • Yayasan Az-Zainuddin (YADIN)
  • Meci Angi Bali
  • Rukun Keluarga Mpuri-Jabodetabek
  • Perhimpunan penelitian Indonesia Kemenag
  • UTS volunteer Muhammad Rusdi Zulkaidi
  • Jhail Family
  • Gerak Bareng Community
  • Imkobi Malang
  • Kambuti
  • JNE Mataram
  • BNI Singapura
  • Dll.

Ardy mengaku, tak hanya bersinergi dengan lembaga-lembaga sosial saja. Kalikuma juga memfasilitasi para relawan dari berbagai Indonesia dengan menyediakan tempat tidur dan istirahat mereka di Uma Kalikuma.

"Ada 230 orang relawan yang datang di Kalikuma untuk giat kemanusian peduli korban gempa bumi di lombok," ungkapnya, Juma'at, 24 Agustus 2018 kemarin.

"Mari bersinergi memulihkan Lombok dengan hati dan jiwa #pray4lombok," tambah dia. (RED*)

Post a Comment Komentar Umum

Iklan Ideal Karaoke

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

item