Petaka Si Jago Merah, Lahap 3 Rumah di Talabiu Pagi Tadi

Anggota Koramil Woha saat membantukan puing rumah yang dilahab si jago merah di Desa Talabiu, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, Rabu, 8 Agustus 2018. METROMINI/Dok
KABUPATEN BIMA - Di tengah geliat Bupati, Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bima berangkat ke Lombok Utara dalam rangka memberikan santunan kepada korban bencana gempa bumi di Pulau Lombok, Selasa, 7 Agustus 2018 kemarin. . Duka kembali dialami warga Kabupaten Bima.


Pasalnya, pagi tadi, sekitar pukul 05:30 WITA, Rabu (8/8/2018). di Desa Talabiu, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima si jago merah mengamuk dan meratakan dua rumah panggung dan membakar satu rumah permanen. 

"Kabut duka kembali menyelimuti Desa Talabiu, Kecamatan Woha Kabupaten Bima. Tiga unit rumah warga setempat yang berada di RT. 11, Dusun Mangge Colu tiba-tiba dilahap si jago merah subuh tadi," ucap Komandan Kodim (Dandim) 1608/Bima, Letkol Inf. Bambang Kurnia Eka Putra dalam siaran persnya pagi tadi.

Bupati, Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bima berangkat  ke Lombok Utara dalam rangka memberikan santunan kepada korban bencana gempa bumi di Pulau Lombok, Selasa, 7 Agustus 2018 kemarin. METROMINI/Dok

Kata Bambang, kebarakan yang terjadi di Talabiu melahab rumah milik Ikbal H. Karim, 40. seorang karyawan di sebuah SPBU dan rumah milik H. Karim H. Saleh atau H. Kore 75, seorang petani yang sebab kebakarannya belum diketahui.

"Pada pukul 06:00 WITA, kondisi api dapat dipadamkan oleh 2 unit mobil kebakaran dari BPBD bersama masyarakat. Korban personil nihil dan kerugian materil belum ketahui. Dan kegiatan membantu korban langsung menjadi agenda anggota TNI di Koramil Woha, pagi tadi," ujarnya.

Di tempat terpisah, pengakuan seorang warga bernama Abdul Gafur menuturkan, awalnya masyarakat tidak menduga terjadi kebakaran. Perisitiwa disadari warga sekitar pukul 05.20 WITA saat sejumlah warga sedang pulang menunaikan ibadah shalat subuh di masjid. 

"Saat warga pulang sholat subuh di masjid dan melewati gang di sekitar tempat kejadian. Warga melihat kobaran api dari rumah milik H. Kore," ungkap Gafur dikutip dari www.berita11.com.

"Api yang menjalar dengan cepat sedikitnya melahap dua rumah panggung dan satu rumah permanen milik warga. Untuk rumah panggung milik Ikbal dab H. Kore. Smeentara rumah permanen milik M Saleh, seorang petani di dusun setempat," ucap pemuda asal Desa Talabiu itu. 

Kondisi rumah warga yang dilahab si jago merah di Desa Talabiu, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, Rabu, 8 Agustus 2018. METROMINI/Dok
Lanjut dia, seketika warga berteriak dan menginformasikan kejeadian kebakaran dan meminta bantuan warga lain untuk membantu memadamkan api sambil menghubungi Regu Pemadam Kebakaran Kabupaten Bima untuk mengantarkan mobil pemadam kebakaran (damkar) ke TKP. 

"Sekitar pukul 05:50 Wita, mobil pemadam kebakaran Pemerintah Kabupaten Bima tiba di lokasi membantu memadamkan api. Pada saat bersamaan sejumlah anggota Koramil dan Polsek Woha juga berupaya membantu memadamkan sumber api. Api berhasil dipadamkan secara sempurna sekitar pukul 07.00 WITA," ujarnya. 

Sambung Gafur, tak lama setelah itu atau 30 menit kemudian. Tim Inafis Polres Bima tiba di Tempat Kejadian Perkara (TKP). Tim langsung mengindentifikasi penyebab kebakaran dan memasang garis polisi. Hingga kini belum ada pernyataan resmi dari aparat keamanan berkaitan penyebab kebakaran.

"Sejumlah warga di lokasi kejadian menduga kebakaran dipicu arus pendek listrik yang bersumber dari salah satu dari ketiga rumah yang terbakar," tandas dia. 

Sementara itu, pihak Polres Bima masih dikonfirmasi terkait sebab terjadinya kebakaran ini. (RED | WWW.BERITA11.COM)

Post a Comment Komentar Umum

emo-but-icon

IKLAN BACALEG DPRD KOTA BIMA

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

Iklan Ideal Karaoke

Balon Anggota DPRD Kabupaten Bima

item