Seorang Pelaku Curi Ternak di Asakota, Dibekuk Tim KIA Mbojo di Mande

Kasat Reskrim IPTU Akmal Novian Reza, SIK pimpin penangkapan terduga pelaku pencurian ternak jenis sapi di rumah pelaku di Kelurahan Mande, Kecamatan Mpunda, Kota Bima, Rabu. 15 Agustus 2018 dini hari tadi. METROMINI/Dok
KOTA BIMA - Plt. Kasubag Humas Polres Bima Kota menuturkan, Tim KIA MBOJO (Opsnal) Res Bima Kota, dini hari tadi berhasil mengungkap kasus pencurian ternak. Pengungkapan ini sesuai dengan adanya laporan polisi Nomor: LP/21/VI/2018/NTB/Res Bima Kota/Polsek Asakota. 

"Sekitar jam 01:30 WITA atau dini hari semalam, Tim Opsanal yang dipimpin langsung oleh Kasat Reskrim IPTU Akmal Novian Reza, SIK melakukan penangkapan terhadap satu orang terduga pelaku pencurian atau curat ternak di Kelurahan Mande. Pengungkapan dan penangkapan terduga pelaku ini berdasarkan Laporan Polisi bulan Juni 2018 lalu," tutur Suratno, Rabu, 15 Agustus 2018.

Kata dia, korban yang dirugikan atau yang dicuri hewan ternaknya bernama Rosni, 37, seorang Ibu Rumah Tangga yang tinggal di BTN Tolotongga, Kelurahan Jatiwangi, Kecamatan Asakota, Kota Bima. Sementara pelaku yang diamankan adalah seorang pemuda berinisial Ar, 26, warga asal Kelurahan Mande, Mpunda, Kota Bima.

"Dalam pengungkapan ini, diamankan pula Barang Bukti (BB) sejnumlah 8 (delapan) ekor sapi (yang sementara di titip rawat pada pemiliknya) dan ada juga 8 (delapan) lonceng sapi yang sudah putus dan sebuah dompet," beber Suratno.

Ia mengatakan, pelaku melakukan aksinya sekitar bulan puasa lalu menjeleng Hari Raya Idul Fitri, tepatnya tanggal 13 Juni 2018. Dari keterangan saksi-saksi bahwa, awalnya pelaku yang bejumlah tiga orang melakuakn pencurian ternak dengan cara menggiring ternak sapi sebanyak 10 ekor tanpa sepengetahuan pemilik atau korban,

"Para pelaku menggiring sapi yang ada di Kelurahan Jatiwangi menuju Kelurahan Rabadompu Barat, Kota Bima yang berjarak kurang lebih 6 Km. Kemudian, para pelaku menaikkannya sapi-sapi tersebut ke atas kendaraan jenis pick up," terangnya.

Barang bukti hewan ternak yang dicuri pelaku di Kecamatan Asakota, sekitar bulan Juni 2018 lalu/ METROMINI/Dok
Ia mengatakan, kronologis penangkatan ini berdasarkan hasil Lidik dari Tim Opsnal, dan keterangan dari saksi-saksi. Kemudian, sambung dia, Tim memndapatkan beberapa nama terduga pelaku, di mana pada saat hendak dilakukan penangkapan terhadap para pelaku tersebut, mereka sempat menghilang atau bersembunyi keluar lari ke wilayah daerah Gunung Tambora.

"Namun salah seorang pelaku yang berinisial Ar pulang ke kampungnya. Ar ke rumahnya di Kelurahan Mande, Kecamatan Mpunda, Kota Bima. Dan mengetahui informasi tersebut, Tim melakukan penggerbekan di rumah pelaku," pungkas Suratno.

Ia menambahkan, saat Tim datang ke rumahnya, terduga pelaku yang mengetahui kedatangan Tim hendak melarikan diri. Namun, dengan sigap Tim berhasil mengamankan pelaku. Saat ini, pelaku sudah dibawa ke Kantor Sat Reskrim Res Bima Kota.

"Untuk kasus ini, Tim juga melakukan kordinasi dengan Polsek Asakota dan saat ini mash melanjutkan pengejaran terhadap pelaku lainnya yang sudah dikantongi identitasnya. Terduga pelaku yang lain berinisal AD dan UD dan akan diproses dalam pengembangan kasus ini.," tutup Suratno. (RED)

Post a Comment Komentar Umum

Iklan Ideal Karaoke

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

item