17 September 2018 Jabatan Gubernur NTB Berakhir, "Simak Infografik TGB Berikut"

Tuan Guru Bajang (TGB) Dr. TGB. H. Muhammad Zainul Majdi, MA. GOOGLE/www.rijalmaulana.com
KOTA MATARAM - Tuan Guru Bajang atau yang memiliki nama lengkap, Dr. TGB. H. Muhammad Zainul Majdi, MA menerangkan, sudah 10 hari menjabat sebagai Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB). Di lingkungan kompleks rumahnya  sosial warga di Pulau Lombok atau Suku Sasak, Tuan Guru Haji (TGH) merupakan sebutan kepada tokoh agama.

Namun, sosok Muhammad Zainul Majdi bagi warrga di Lombok akarab dikenal dengan panggilan nama 'Bajang'. Karena ia masih muda saat menjabat sebagai Gubernur NTB di tahun 2008 lalu.

Diketahui, TGB menjabat Gubernur NTB sejak 2008 dan berpasangan dengan Pak Badrul Munir. Selanjutnya, di Pilkada NTB 2013, TGB mencalonkan kembali dengan pasangan yang berbeda, M. Amin. Di Pilkada 2013, TGB-Amin kembali memenangkan suara terbanyak dan masih memimpin hingga saat ini. 

Add caption
Satu dekade memimpin Bumi Gora (sebutan lain Provinsi NTB), seperti apa perjalanan infografis dan profile Tuan Guru Bajang? 

TGB lahir di Pancor, Kecamatan Selong, Kabupaten Lombok Timur, 31 Mei 1972. TGB lahir dengan nama Muhammad Zainul Majdi. Ia merupakan putra ketiga dari H. M. Djalaluddin dan Rauhun Zainuddin Abdul Madjid. 

Ayahnya adalah seorang pensiunan birokrat Pemerintah Daerah NTB, sedangkan Ibunya merupakan putri pendiri organisasi Islam terbesar di NT, Nahdlatul Wathan (NW) dan pendiri Pesantren Darun-Nahdlatain,TGH M Zainuddin Abdul Madjid. 

Di masa muda, TGB menjalani pendidikan dasarnya di SD Negeri 2 Mataram. Setelah lulus pada 1985, Zainul Majdi melanjutkan ke Madrasah Tsanawiyah, dan pendidikan selanjutnya ditempuh di Aliyah Mu'allimin Nahdlatul Wathan. Pada 1992, 

Zainul Majdi melanjutkan pendidikan tinggi ke Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir, tepatnya di Fakultas Ushuluddin Jurusan Tafsir dan Ilmu-Ilmu Al-Qur’an. Pada 1995, dia lulus dan memperoleh gelar Lc.
Tahun selanjutnya, TGB melanjutkan pendidikan S2 dan meraih gelar Master of Art (MA). Setelah lulus S2, dia melanjutkan S3 pada jurusan yang sama. Pada 2003, dia memperoleh amanah menjadi Rektor Institute Agama Islam Hamzanwadi, Pancor, Lombok Timur. 

Informasi yang dihimpun Metromini. Muhammad Zainul Majdi mulai terjun ke politik dan menjadi anggota DPR RI dari Partai Bulan Bintang untuk daerah pemilihan NTB di periode 2004-2009. Pada tahun 2008, ia memutuskan kembali mengabdi ke kampung halaman dengan mencalonkan diri sebagai calon gubernur NTB. TGB maju pada Pilkada 2008 bersama Badrul Munir dengan diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Setelah menang Pilkada NTB 2008, TGB-Amin dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur NTB pada tanggal 17 September 2008. Setelah lima tahun memimpin, pada Pilkada tahun 2013, TGB kembali mencalonkan diri sebagai gubernur dam berpasangan dengan Muhammad Amin. 

Untuk kedua kalinya, dia berhasil memenangkan Pilkada NTB dan akan berakhir pada hari Senin, 17 September 2018 mendatang. (RED*)

Post a Comment Komentar Umum

Iklan Ideal Karaoke

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

item