Naik Gunung Tambora via Kawinda Toi, Sudah Ada Fasilitas Umum Dibangun Dekat Air Terjun Bidadari


Proses pembangunan  mushola yang baru setengah pekerjaan dilakukan di Desa Kawinda Toi, Kecamatan Tambora, Kabupaten Bima untuk keperluan pendaki gunung tambora. METROMINI/Agus Gunawan
KABUPATEN BIMA - Komunitas Pecinta Alam Algura Desa Kawinda To'i, Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima merasa dibantu dengan telah dibangunnya selter, WC dan mushola di jalur pendakian lewat Desa Kawinta To'i yang dijadikan salah satu jalur pendakian ke lokasi tempat wisata Air Terjun Bidari atau menuju puncak Gunung Tambora.

Menurut, Ketua KPA Algura, Iwan mengatakan, proses pembangunan selter, mushola serta WC ini sedang berjalan. Untuk lokasinya tidak jauh dengan posisi tempat wisata air terjun bidadari. Menurutnya, dalam waktu dekat ini pembangunan itu akan selesai.

"Proses pembanguan selter dan Mushola di area yang biasa dijadikan tempat kemping. Lokasinya dekat dengan mata air terjun Bidadari, di Oi Marai, Desa Kawinda To'i atau pas di jalur pendakian puncak gunung tambora bagian utara. Insya Allah bulan depan pembangunan ini akan bisa diselesaikan," ucapnya, Sabtu, 15 September 2018 lalu.


Proses pembangunan fasilitas umum di Desa Kawinda Toi, Kecamatan Tambora, Kabupaten Bima untuk keperluan pendaki gunung tambora. METROMINI/Agus Gunawan
Kata dia, pembangunan yang dibantu oleh pihak Taman Nasional Tambora ini dipusatkan di Desa Kawinda To'i, khususnya di kawasan jalur pendakian dan dekat dengan lokasi air terjun. Tentunya, masyarakat yang ada di Desa Kawinda To'i dan khusus para pendaki gunung tambora sangat dibantu dengan adanya fasilitas yang sedang dibangun ini. 

"Tahun ini, banyak pembanguna dari program Balai Taman Nasional Tambora di lokasi wisata Air Terjun Bidadari Oi Marai, Desa Kawinda Toi. Pembangunan ini sangat membantu para pendaki dan tentu mengundang daya tarik tersendiri bagi pengunjung gunung tambora yang memilih pendakian lewat jalur utara di Desa Kawinda Toi," tuturnya.


Saat ini, pembangunan itu belum rampung. Untuk bangunan Mushola sudah mulai ada pengunjung yang menggunakannya, Untuk itu, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Taman Balai Taman Nasiaonal Tambora (TNT) yang sudah membantu dalam proses pembangunan fasilitas ini.
  
"Meski belum kelar pembangunan fasilitas umum ini, Alhamdulillah sudah ada pengunjung wisata yang menggunakannya. Terima kasih untuk Balai Taman Nasional Tambora yang sudah membantu untuk hadirnya fasilitas umum di Desa Kawinda Toi ini," tandas dia. (RED | ADV)

Post a Comment Komentar Umum

Iklan Ideal Karaoke

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

item