Kebakaran Wilayah HTI Menyebar Hingga ke Kawasan TNGT di Sanggar

Petugas gabungan yang ada di lokasi kebakaran di wilayah HTI di Desa Piong, Kecmatan Sanggar, Kabupaten Bima, Sabtu (27/10/2018). METROMINI/Dok
KABUPATEN BIMA - Kebakaran lahan terjadi di wilayah Hutan Tanaman Industri (HTI) di Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima terjadi Sabtu, 27 Oktober 2018 siang. Kobaran api yang kian membesar berdampak pula di kawasan wilayah Taman Nasional Gunung Tambora (TNGT) yang ada di Desa Piong, Kecamatan Sanggar.

Seorang warga yang melihat kondisi kebakaran ini, Sukmon mengatakan, kebakaran yang terjadi di wilayah HTI yang ada di Desa Piong terjadi sekitar pukul 10:00 WITA, Sabtu (27/10/2018). Lokasi kebkaran ini, terjadi di area Labu Na'e, tepat wilayah pelepasan sapi warga di Desa Piong.

Ia mengaku, belum mengetahui persis awal kebakaran ini terjadi. Api yang berkobar begitu cepat dan melebar hingga menghanguskan seluruh area Hutan Taman Isdustri (HTI) yang ada di Piong. Bahkan, kata dia, api kian menjalar dan juga membakar hutan di Wilayah Taman Nasional Gunung Tambora (TNGT).

"Api yang kian besar cepat menjalar. Hampir semua wilayah HTI hutannya terbakar. Dan parahnya, kawasan biasa yang dijadikan pelepasan ternak warga yang terbakar. Bahkan api juga menjalar masuk ke area Wilayah Taman Nasional Gunung Tambora (TNGT). Untuk penyebabnya saya tidak tahu," jelas dia, Sabtu (27/10/2018).

Kondisi kebakaran di wilayah HTI di Desa Piong, Kecmatan Sanggar, Kabupaten Bima, Sabtu (27/10/2018). METROMINI/Dok
Diakuinya, kejadian kebakaran ini juga ikut menghanguskan kendaraan bermotor milik pegawai HTI. Belum diketahui bagaimana ceritanya hingga kendaraan milik pegawai HTI itu terbakar. Namun, bekas motor yang terbakar bisa dilihat di lokasi. 

"Entah bagaimana ceritanya, yang jelas motor karyawan HTI ikut terbakar dalam kejadian ini. Dan kondisi api masih terlihat di kawasan," ucap  Dafa, nama panggilan Sukomon di kampungnya itu.

Dia mengaku, upaya pemadaman yang dilakukan pegawai Taman Nasional dan pegawai HTI yang dibantu oleh aparat TNI dan Polri belum bisa memadamkan api. Kondisi api terlalu besar dan sulit untuk dipadamkan. 

"Apinya terlalu besar sehingga upaya dari para petugas belum berhasil memadamkan hutan yang terbakar," ujarnya. 

Di sisi yang lainnya, atas kejadian ini, pihak pengelola Hutan Tanaman Isdustri (HTI) dan Kepala kantor Balai Taman Nasional Gunung Tambora yang diupayakan untuk dikonfirmasi, belum bisa dihubungi. (RED)

Post a Comment Komentar Umum

Iklan Ideal Karaoke

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

item